FESTIVAL MALIOBORO 2009, TAMPILKAN PULUHAN KESENIAN DAN KULINER KHAS JOGJA

8 11 2009

FESTIVAL MALIOBORO 2009,

TAMPILKAN PULUHAN KESENIAN DAN KULINER KHAS JOGJA

DSC01655

Festival Malioboro 2009, Yogyakarta (6-8/11). Acara ini diawali dengan puluhan kelompok budaya dari berbagai wilayah di Jogjakarta yang melakukan karnaval mulai dari Taman Abu Bakar Ali, Kawasan Malioboro sampai dengan Kawasan Alun-alun Utara. Karnaval ini merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dan menjadi bagian utama dari Pembukaan Festival Malioboro 2009 yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi DIY.

Karnaval dilaksanakan mulai pukul 13.00 yang ditandai dengan hiburan Grop Kesenian Sampak Patrol yang dilanjutkan dengan upacara peresmian, Selain parade komunitas budaya, pembukaan Festival Malioboro juga akan dimeriahkan dengan karnaval komunitas sepeda. Hal ini dilakukan untuk menunjukan ciri khas Yogyakarta sebagai kota sepeda. Sebuah karnaval sepeda yang akan menampilkan komunitas-komunitas sepeda yang ada di Kota Yogyakarta. Mulai dari komunitas sepeda tempoe doeloe. Sepeda modern, hingga sepeda modif. Setiap komunitas akan mulai dari titik start berbeda dan berkul di titik finish lapangan parker Abu Bakar Ali, setelah itu sepeda berparade hingga titik Benteng Vredeburg, ungkap Donny S (35) sebagai ketua koordinator karnaval.

Donny (Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata) menambahkan, Setiap rombongan komunitas akan menampilkan performen ciri khas masing-masing dengan semeriah mungkin. Komunitas yang ikut berpatisipasi, seperti : komunitas sepeda tempoe doeloe, komunitas sepeda modern, komunitas sepeda modif. Sedangkan komunitas seni yang tampil dalam pembukaa adalah gabungan antara komunitas budaya tradisi maupun pop yang ada di dalam masyarakat baik Jogja dan Nusantara. Semua komunitas tersebut dipadupadankan sehingga tercipta parade dalam kemasan yang unik serta memperkaya Malioboro sebagai ikon Jogja. Dalam kesempatan ini parade seni akan menampilkan : Parade Korsik Prajurit Kasultanan, Tombak Pusaka P Diponegoro, Kuda Kepang Raksasa, Kereta Pusaka Pura Pakualam, Tandu dan Devile Gerilya, Kuda Wisata Pantai Parangtritis, Taman Pintar Performance, Andong Wisata dan Becak Wisata, Malioboro Pedestrian, Nusantara Fashion, serta Wayang Gelog, dsb.

Malioboro merupakan jantung kota Jogjakarta. Oleh karena itu, ajang festival ini diharapkan mampu membangun bitra positif Jogjakarta sebagai Kota Seni dan Budaya, untuk memeriahkan kegiatan ini, panitian telah merencanakan serangkaian kegiatan selama kegiatan berlangsung. Disamping menyuguhkan “performance art” dengan sentuhan edukasi budaya adiluhur budaya Indonesia khususnya masyarakat yogyakarta. Ditegaskan Donny (35), Festival ini dimaksudkan untuk membangkitkan lagi jiwa kawasan Malioboro masa lalu, sehingga nuansa tradisi akan sangat tergambar dalam setiap panggung pertunjukan

DSC01644

Food Bazar merupakan satu rangkaian dari Festifal malioboro yang diadakan dari jam 11.00 sd 15.00 wib, dan bertempat di Taman Monumen Serangan 1 Maret. Food Bazar ini dipersembahkan sebagai sebuah pasta kuliner masyarakat Jogja. Dalam Food Bazar Festival ini menggelar berbagai stand kuliner dan berbagai jenis makanan, dari makanan tradisional tempo dulu hingga makanan internasional. Food Bazar ini juga dimaksudkan untuk mempromosikan kembali wisata kuliner yang ada di Kota Yogyakarta, baik untuk wisatawan dan pada masyarakat Yogyakarta pada umumnya. Food Bazar yang diikuti 40 pedagang malioboro dan umum ini juga akan menampilkan demo masak interaktif dari chef-chef terkenal dari hotel berbintang yang ada di sekitar Yogyakarta. Demo interaktif ini akan mengajak para pengunjung untuk lebih mengetahui proses pembuatan beberapa makanan tradisional dan internasional.

Donny mengaku, Festival ini mendapat dukungan dari banyak pihak terutana Dinas Pariwisata Propinsi DIY serta komunitas masyarakat yang peduli terhadap kawasan Malioboro.Untuk itu,pihaknya menargetkan event semacam ini dapat menjadi event tahunan.

DSC01690

“Kegiatan ini kami harapkan mampu menjadi ikon pariwisata Yogyakarta, dan daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Jogja”, ujar Koordinator Festival Malioboro.Donny.

 

 

 

UTS / Straight News

Nama : Kharisma Ayu

NIM : 153 070 115

Kelas : A

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: