Taman Sari

12 10 2009

Kategori           : Objek Wisata

Nara Sumber    : Yono Nilu (47)

DSC02632

Retakan-retakan dinding batu-bata seolah memberikan celah masuknya sinar senja di sore itu, Keindahan taman sari seolah  semakin sempurna ketika sinar senja mulai tenggelam.

Taman sari berdiri sejak tahun 1753 yang awalnya dulu sebagai tempat pemandian sultan dan hasil budaya di zaman Majapahit. Yang memiliki tiga bagian tempat pemandian, yaitu bagian permaisyuri, bagian selir, dan bagian sultan sekaligus putra raja.

Ada empat tempat keramat yang ada di taman sari adalah:

1. Pulo cemedi, yaitu  terletak di pintu utama taman sari

2. Masjid bawah tanah

3. Gua tembus ke parangtritis yang kurang lebih panjangnya 27 km

4. Pemandian bagi sultan sekeluarga

Dahulu Taman sari dikelilingi oleh air pada saat Sultan HB ke-7, sekitar tahun 1900-1917

Taman sari telah mengalami renovasi sebanyak tiga kali, yang pertama di beri semen, lalu yang kedua atas permintaan arsitek portugis tidak menggunakan semen , dan yang  terakhir di bagian lorong di renovasi.

Tempat pemukiman warga yang mengelilingi daerah taman sari saat ini adalah tempat bekas kolam pasca perpindahan keraton ke kota gede, sehingga bendungan di tutup. Bekas kolam saat ini telah di bangun rumah-rumah penduduk, namun mereka hanya memiliki hak rumah dan tidak memiliki hak tanah, tanah di sekitar taman sari adalah milik sultan yang sewaktu-waktu dapat di ambil kembali.

Pariwisata Taman sari hingga sekarang dikuasai oleh Sultan HB X, namun kedatangan beliau hanya dalam rangka pelestarian taman sari bekerjasama dengan dinas pariwisata. Himbauan untuk dilarang membuang sampah dan menjaga kebersihan bukanlah semata-mata tradisi tapi adalah peraturan yang ditetapkan oleh Dinas tatakota dan lingkungan.

Taman sari banyak di kunjungi warga hanya di hari-hari tertentu saja, seperti di saat lebaran, natal, liburan sekolah, dan maulud nabi, namun di hari biasa biasa sedikit pengunjung.

Penasaran akan keindahan Taman sari  yang telah ada sejak tahun 1753,..Kunjungi taman sari kalau kau cinta budaya Jogja dan Indonesia ! ok,..

Harapan           :

Yuk…kita Ikut menjaga, dan melestarikan  taman sari sebagai budaya warisan bangsa !!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: