W@y@ng

19 10 2009

Wayang

Oleh : Kharisma / 153 070 115

DSC01578

Wayang adalah warisan nenek moyang kita. Ada yang terbuat dari kulit binatang, berupa pahatan kayu, atau yang berupa gambar kertas. Bahkan ada juga wayang yang bebonekaannya bukan dari kulit, kertas atau kayu. Tetapi orang hidup yang bisa berbicara,menyanyi dan menari, dibilang wayang orang. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang paling umum dipertontonkan adalah wayang kulit. Ada yang beranggapan, wayang kulit berasal dari India atau Cina. Tetapi ada juga yang beranggapan, bahwa wayang kulit adalah ciptaan asli orang Jawa.

Kata “Wayang” artinya bayangan. Sebab pada wayang kulit, penonton melihat bayang-bayang bebonekaan kulit yang dimainkan oleh dalang dari balik layar. Sebelum pertunjukan dimulai, wayang-wayang tersebut dijajarkan didepan layar putih berdasarkan kelompoknya dan berdiri dengan megahnya sebuah gunungan. Gunungan adalah kipas besar yang bagian atasnya berbentuk lancip seperti puncak gunung.

Gambar dalam gunungan itu, ada pintu gerbang dengan dua raksasa galak memegang pemukul besar. Terlukis hutan dengan segala isinya. Ada banteng yang sedang menyerunduk, monyet yang bergelantungan di dahan, rusa, burung, dan pepohonan. Cerita baku yang dimainkan dalam pertunjukan wayang kulit diambil dari cerita Ramayana atau Mahabarata. Kalian kenal tokoh Gareng, Petruk, Semar dan Bagong?, dalam cerita pewayangan, mereka merupakan pembantu, sebetulnya mereka penasehat yang tangguh untuk tuannya.

Pertunjukan wayang biasanya diiringi dengan gamelan dan sinden, yaitu penyanyi wanita. Pertunjukan wayang menuntut kerja sama antara dalang, penabuh gamelan dan sinden. Yang menjadi pemimpin kelompok ini pastinya sang dalang. Semua tunduk akan perintah dalang. Keindahan dan nilai seni yang dimiliki wayang sangatlah tinggi, setiap wayang memiliki nama dan karakter tersendiri, orang jawa sering menggunakan gambar wayang sebagai lukisan, hiasan dinding, bahkan corak kain batik. Bangganya kita sebagai bangsa berbudaya yang memiliki pesona, dan sudah selayaknya untuk kita jaga dan pertahankan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: