Demo Warnai Pelantikan SBY – Boediono

21 10 2009

Kemenangan SBY – Boediono dalam pemilu lalu (8/7) memang memunculkan banyak pro dan kontra di berbagai kalangan. Tak hayal demo pun kerap terjadi di berbagai daerah.

Image002

Yogyakarta – Jalan Malioboro menjadi saksi terjadinya aksi demo yang mewarnai pelantikan SBY – Boediono. Aksi ini terjadi Selasa (20/10) dimulai dari pukul 09.30 WIB dan sepanjang berjalannya aksi ini, para demonstran tampak terkoordinasi dengan baik dan tidak menunjukan aksi anarkhis. “Demo ini berjalan dengan tertib tanpa mengganggu lalu lintas”, ungkap Hendro, Wakapolres Gondomanan yang saat itu ikut mengamankan berjalannya aksi tersebut.

Sedikitnya ada empat kelompok masyarakat melakukan demonstrasi di Jalan Malioboro secara bergantian. Kelompok tersebut adalah Tri Tunggal, P.Golput, KMPP dan HMI. Berbagai alasan melatarbelakangi aksi ini, diantaranya penolakan pelantikan SBY dan Boediono sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia, tuntutan dipercepatnya pengesahan RUUK untuk Daerah Istimewa Yogyakarta, serta penolakan pemerintahan yang bernuansa liberalisme

Selain beragam penolakan, aksi ini juga disertai dengan doa bersama oleh kelompok Tri Tunggal di depan Monumen 1 Maret. “Sekitar dua bus massa yang mengikuti kegiatan doa bersama ini”, ujar seorang tukang parkir yang saat itu tengah berada di lokasi. Mereka mengharapkan agar pemerintahan yang baru mampu menyejahterakan serta membawa kedamaian dan keamanan bagi rakyat Indonesia.

Akhirnya aksi ini berakhir sekitar pukul 13.00 WIB. Para demonstran membubarkan diri dengan tertib tanpa menimbulkan kericuhan dan gangguan terhadap masyarakat sekitar.

Reporter :

Metta Widyaningrum (153070201/A)

Wahyu Dwi Septiningrum (153070206/A)

Penulis :

Wahyu Dwi Septiningrum

Fotografer :

Metta Widyaningrum


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: