Dibalik Keindahan Candi Prambanan

8 11 2009

P1010085Candi Prambanan merupakan candi hindu terbesar di Indonesia. Selain keindahan bangunannya, candi ini meyimpan banyak cerita di dalamnya.

Candi prambanan terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten sleman dan klaten. Candi prambanan dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi oleh rakai pikatan, raja kedua wangsa mataram I. Candi ini mempunyai bangunan yang cantik, tinggi bangunan utama adalah 47 meter.

“Dibalik keindahan candi prambanan ini, tersimpan banyak cerita dan legenda yang menarik untuk ketahui,” kata Partono pemandu wisata candi prambanan. Legenda yang terkenal mengenai candi ini adalah legenda Roro Jonggrang. Selain legenda ini, juga terdapat relief yang menceritakan kisah Ramayana, pohon Kalpataru dan cerita lainnya.

Sebagian masyarakat familiar dengan legenda Roro Jonggrang. “Setiap kali mendengar cerita Roro Jonggrang, yang saya ingat adalah candi prambanan,” ungkap Rani salah satu pengunjung candi ini. Hal ini menunjukan legenda Roro Jonggrang sangat dikenal masyarakat.

Legenda ini menceritakan, ada lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena Jonggrang tidak mencintainya, ia meminta Bondowoso membuatkannya candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Candi Siwa terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, dalam candi ini ada 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda.

“Masyarakat biasanya salah menyebutkan bahwa candi prambanan merupakan candi Roro Jonggrang, padahal nama Roro Jonggrang merupakan nama candi terbesar yang berada dikomplek candi prambanan ini,” ungkap bapak berbadan gendut ini.

Candi Wisnu memiliki satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma berisi arca Brahma. Candi Garuda yang merupakan candi pendamping, terletak di dekat Candi Wisnu. Candi ini menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang.

Di candi Prambanan juga terdapat relief-relief yang memuat kisah Ramayana. Selain itu, juga ada Relief pohon Kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Relief pohon Kalpataru digambarkan tengah mengapit singa.

(Metta Widyaningrum / 153070201 / A)

“ Tugas UTS Feature”


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: