Seni dari Kreatifitas

8 11 2009

Kreatifitas merupakan bagian dari seni. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan. Dari kreatifitas, kita bisa menghasilkan karya seni yang indah dan menghasilkan sesuatu yang baru .

Seni merupakan sesuatu yang indah. Seni adalah segala hasil perbuatan yang berasal dari perasaan manusia yang dicurahkan dalam berbagai hal atau bentuk yang mempunyai nilai keindahan. Suatu karya seni dihasilkan dari kreatifitas manusia. Kreativitas merupakan faktor yang akan berpengaruh terhadap hasil karya seni dalam melahirkan ide-ide seninya. Kreatifitas sendiri, merupakan kemampuan kita untuk menfaatkan apa yang kita miliki. Dari kreatifitas inilah, seorang seniman bisa membuat suatu karya yang indah.

Dari dua hal tersebut, kita bisa melihat adanya hubungan timbal balik diantara keduannya. Kreatifitas bisa menghasilkan sebuah karya seni sedangkan seni itu sendiri tidak bisa muncul tanpa kreatifitas.

Kreatifitas bisa muncul dengan melakukan aktivitas seni. Selain itu, Lingkungan kita juga mempengaruhi kreatifitas seseorang. Sebenarnya kita sudah sejak dari kecil diajarkan untuk kreatif membuat seni, misalnya saja saat kecil, kita diajarkan menyanyi, menggambar dan menari. Semua itu merupakan seni dasar untuk mengasah kreatifitas kita selanjutnya.

Banyak cabang seni yang bisa kita pelajari, misalnya saya seni rupa, seni music, seni tari dan seni drama. Tetapi sekarang ini, manusia banyak yang belum menyadari bahwa mereka bisa menciptakan suatu seni. Karena itulah, hanya orang-orang yang mengerti seni lah yang bisa menciptakan suatu karya seni yang bagus.  Jika manusia mau mengasah kreatifitasnya, mereka akan menemukan ide-ide unik yang bisa menghasilkan suatu karya. Orang-orang yang kreatif akan menemukan semua hal yang bisa dijadikan inspirasi baginya. Sebaliknya, apabila orang yang tumbuh tanpa dibarengi dengan kemampuan seni maka kehidupannya akan menjadi gersang. Orang tersebut menjadi kaku, tidak hanya dalam berinteraksi dengan lingkungan tapi juga dalam memandang persoalannya.

Seni bagi manusia

Seni dibutuhkan manusia untuk mencurahkan emosinya melalui aktifitas seni. Contohnya saja, bila seseorang sedang sedih, gembira, dan sebagainya. Lewat seni inilah seseorang dapat mengungkapkan perasaan dan daya imajinasinya tersebut untuk menghibur hatinya. Karena itulah, orang seringkali melukis, bernyanyi, membuat puisi, mendengarkan lagu atau menonton drama. Mereka bisa mencurahkan pengalamannya atau apa yang sedang mereka rasakan sesuai dengan keinginanya melalui seni tersebut. Seni mengajarkan manusia pada keleluasaan cara berpikir, ide-ide kreatif hingga memandang sesuatu dari yang mereka ketahui, bahkan kemampuan untuk mencari penyelesaian masalah.

Dari sini lah kita tahu, seni merupakan bagian dari hidup kita. Karena itulah, mulailah dari sekarang kita mengasah kreatifitas kita melalui seni sesuai dengan potensi dan bakat kita masing-masing.

(Metta Widyaningrum / 153070201 / A)

“Tugas UTS Opini”


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: