JAVA GRAND EXPO ( Kreatif Kami Untuk Sebuah Prestasi )

18 11 2009

 

JAVA GRAND EXPO

( Kreatif Kami Untuk Sebuah Prestasi )

 Yogyakarta(18/11). Bertempat di AMPLAS Jogjakarta, Sebuah opening arts performance, talkshow dan entertainmen yang bertemakan “Java Grand Expo”,di adakan mulai tgl 18-22 November pukul 09.00-17.30.

Fitri, panitian penyelenggara acara ini mengatakan, YCAP atau program bantuan Yogyakarta dan jawa tengah adalah sebuah program bantuan Pemerintah Australia sebagai tanggapan atas permintaan Pemerintah Indonesia untuk membantu pasca gempa bumi Mei 2006 yang melanda Yogyakarta dan Jawa tengah. Dan melalui kemitraan antara Pemerintah Australia, Pemerintah Indonesia LSM dan masyarakat setempat, YCAP telah memutuskan kegiatan di kabupaten Klaten (Jateng), Bantul, Gunung Kidul, Sleman, dan Kulon Progo (DIY).

Latar belakang acara ini adalah, Gempa bumi dasyat yang mengguncan Indonesia bagian tengah, mengakibatkan kerusakan parah, khususnya DIY dan Klaten (Jateng). Lebih dari 5700 orang tewas dan diperkirakan 38000 orang mengalami luka-luka. Dan 300.000 mengalami kehilangan tempat tinggal. Dengan adanya acara seperti ini, terlihat bahwa respon Australia yang hingga kini masih berlanjut terhadap gempa DIY, kini mendekati penyelesaian dan dijadwalkan akan tuntas awal th 2010.

Progam ini telah membantu membangun kembali kehidupan para korban gempa dasyat tersebut. Melalui program ini, Australia telah bekerja dalam kemitraan dengan Indonesia untuk: meningkatkan penghidupan masyarakat setempat, meningkatkan persiapan dan manajemen menghadapi bencana alam, dan membangun kembali infrastruktur masyarakat, termasuk sekolah, fasilitas kesehatan, jalan dan jembatan.

Lebih dari 150.000 orang yang terkena dampak bencana telah terbantu melalui bantuan Australia ini, yang di dalamnya termasuk: membangun 29 sekolah dan 11 klinik kesehatan, memperbaiki berbagai fasilitas air dan sanitasi, dan memulihkan kembali mata pencaharian warga melalui pasar tradisional setempat. Melalui lembaga swadaya masyarakat setempat, program tersebut telah membantu: keuangan mikro, kerajinan tanga dan tekstil, pertanian, budidaya perairan, pemprosesan makanan, dan teknologi.Dukungan ini di berikan melalui daerah Klaten dan DIY.

Australia juga akan membantu penyelenggaraan sebuah pameran di Yogyakarta yang bertujuan membantu memperkuat bisnis kecil dan meningkatkan penghasilan dan penghidupan masyarakat yang terkena dampak gempa bumi.

“Java Grand Expo menandai selesainya program bantuan masyarakat. Expo tersebut akan menghubungkan antara bisnis kecil dan menengah, seperti para produsen pengrajin tengah dan makanan serta organisasi keuangan mikro dengan para pembeli, lembaga keuangan, dan layanan bisnis. Dan dengan adanya Acara ini, dapat membantu keluarga dan masyarakat yang terkena dampak gempa agar dapat kembali ke kehidupan normal mereka sesegera mungkin”,tutur Fitri.Panitia JGE.

( By: Kharisma, Metta, Lestrya )

 

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: