IN DEPTH NEWS ON LINE

24 11 2009

OUTLINE LIPUTAN

Tema
“ Pantai Parangtritis dan Kebersihan”

Latar Belakang
              Parangtritis adalah sebuah tempat pariwisata berupa pantai pesisir Samudra Hindia yang terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kotaYogyakarta. Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup Krakal dan Pantai Glagah.

               Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung – gunung pasir yang tinggi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas parangtritis.

              Selain itu ada pemandian yang disebut parang wedang konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut. lokasi lain adalah pantai parang kusumo dimana di pantai tersebut terdapat tempat konon untuk pertemuan antara raja jogjakarta dengan ratu laut selatan. Pada hari-hari tertentu (biasa bulan suro) di sini dilakukan persembahan sesajian (Labuhan) bagi Ratu Laut Selatan atau dalam bahasa Jawa disebut Nyai Rara Kidul. Penduduk setempat percaya bahwa seseorang dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda jika berada di pantai ini. Pantai Parangtritis menjadi tempat kunjungan utama wisatawan terutama pada malam tahun baru Jawa (1 muharram/Suro). Di Parangtritis ada juga kereta kuda atau kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.
                  Dalam masalah kebersihan, dipantai parangtritis terlihat kurang diperhatikan. Ini semua disebabkan karena kurangnya kesadaran tentang kebersihan, baik dikalangan masyarakat sekitar, pedagang, dan pengunjung. Selain itu, kurangnya kepedulian dari dinas pariwisata. Ini terlihat dari sedikitnya petugas kebersihan yang dikerahkan untuk membersihkan lingkungan sekitar panta.                                                                

                     Hanya 33 pertugas kebersihan yang dikerahkan, sehingga kerja mereka kurang maksimal dalam membersihkan kawasan pantai yang seluas itu. Masyarakat sekitar dan pedagang juga kurang memperhatikan kebersihan, ini tampak dari masyarakat tidak mau membuang sampah pada tempatnya. Sehingga terlihat sampah yang berserakan disekitar pantai.

Objek Observasi
1. Pantai Parangtritis
2. Pantai Depok
3. Pantai Kukup
4. Pantai Sundak

Nara Sumber
1. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul
2. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul
3. Staf Kebersihan Pantai
4. Pedagang Kaki Lima (PKL)
5. Pengunjung
6. Tim SAR

Pembagian Kerja
Pengamat Pantai dan Pewawancara Nara Sumber di wilayah Bantul: Kharisma, Lestrya, Ikhsan
Pengamat Pantai dan Pewawancara Nara Sumber di wilayah Gunung Kidul: Metta, Wahyu, Anis


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: